Tuesday 15 June 2010

Perbandingan ternak Bebek dan enthok

- Untuk masa beternak antara bebek dan menthok, menthok lebih lama untuk 
dipanen karena masa pertumbuhannya lebih lama. maksud saya begini misalnya kita 
sama sama punya DOD menthok dan bebek di awal bulan januari, di akhir february 
atau awal maret saya sudah bisa jual bebek dengan harga misalnya 23 ribu tapi 
untuk bebek kita belum bisa jual karena untuk 2 bulan badannya masih belum bisa 
dikonsumsi
- Untuk mendapatkan bibit menthok itu lebih susah karena produksinya belum bisa 
massal dan harga DOD nya di tempat saya lebih mahal menthok daripada bebek.
- Untuk tingkat konsumsi pakan memang menthok lebih sedikit makannya dan tidak 
se rakus bebek, tapi kalo dijumlah total hampir sama karena memang waktunya 
lebih lama.
- Pak Farhan benar ketika lebaran memang harga menthok bisa selangit bahkan di 
tempat saya saja bisa mencapai 120 ribu per ekor untuk menthok Jantan.Jadi kalo 
beternaknya untuk sampingan dan santai itu bisa jadi ide yang bagus.
- Untuk perawatan Bebek dan Mentok saya kira hampir sama, cuma untuk umur 
dibawah 10 hari sesuai pengamatan saya pas saya mencoba ambil menthok kok 
tingkat kematiannya lebih tinggi dibandingkan bebek
- Kelebihan menthok struktur dagingnya lebih tebal sehingga kalo pas dimakan 
lebih manteb pegangannya.
- Kalo sudah besar, tingkat ketahanan tubuh antara bebek dan mentok hampir sama 
hanya bedanya bebek lebih lincah dan menthok kelihatan lebih slow geraknya.

Di kandang saya sekarang ada mentok sekitar kurang lebih 00 ekoran kalo tidak 
salah, saya juga mau rencana untuk jual pas lebaran saja karena lumayan lho 
kalo beli dod mentok misalnya harga 5000 dan misalnya perhari konsumsi makan 
150 rupiah x 210 hari (7 bulan) jadi total modal 36500 per ekor. Jadi kalo laku 
100 ribu se ekornya kita dapat margin 63500 per ekor. Kan lumayan 63500 kali 
100 ekor.Anggap aja menthoknya numpang kost gratis di kandang bebek.

No comments:

Post a Comment