Wednesday 19 January 2011

Jenis jenis Bebek

jenis – jenis bebek yang mungkin terdengar asing bagi sebagian teman – teman, karena bebek ini memang bukan lokal tapi bebek yang berasal dari luar negeri. Setiap jenis bebek disertai gambar dan penjelasannya, ok… mari kita mulai….
Gambar diatas adalah bebek jenis Dutch Hookbill, dimana sesuai dengan namanya bebek ini berasal dari belanda. Dan dinegara asalnya bebek ini disebut Kromsnaveleend, jenis bebek ini sudah ada sejak abad ke – 17. Pada saat ini bebek ini dikembang biakkan untuk dipakai sebagai pameran atau exhibition, dengan mempunyai berat antara 2,3 kg sampai dengan 2,8 kg. Dengan ciri – ciri fisiknya adalah warna gelap yaitu warna abu abu dan coklat, sering disebut jenis Dusky. Dan jenis yang disebut  White-Bibbed yang hampir sama dengan jenis dusky tetapi mempunyai warna putih juga dibagian depan dan bagian bulu utama badannya. Ok.. itu sekilas penjelasan mengenai bebek jenis dutch hookbill. Lanjut ke jenis yang lainnya…
Nah kalo ini dinamakan bebek Buff Orpington jenis bebek ini pertama kali ditemukan oleh william cook dari orpington, kent, UK. Bebek ini pertama kali diperkenalkan pada khalayak ramai pada pameran Dairy Show, The Agricultur Hall (q.v), Islington, London pada bulan oktober tahun 1897. Bebek ini dipelihara untuk diambil telur dan dagingnya, bebek jenis ini menghasilkan telur sebanyak 220 butir telur per tahunnya.
Bebek ini berjenis Swedia biru dimana jenis ini merupakan bebek peliharaan . Jenis bebek ini memiliki berat antara 12 sampai dengan 15 Kg, dan bebek jantan memiliki bobot yang lebih berat dibanding dengan betina. Bebek Swedia biru memiliki karakter yang tenang, serta menyukai areal yang luas dan bebas meskipun terkadang sering terlihat berdiam diri dibeberapa titik. Warna Biru pada bulu bebek jenis ini disebabkan heterosigositas dalam warna gen.
Ini adalah bebek berjenis  Aylesbury dimana bebek ini diternakkan selain untuk diambil dagingnya juga dipelihara untuk dijadikan bebek hias, Dengan bulu berwarna putih dan kaki berwarna oranye. Banyak yang mengira bahwa setiap bebek yang mempunyai bulu berwarna putih adalah bebek berjenis aylesbury padahal sebenarnya tidak demikian, karena sebetulnya bebek yang memiliki sedikit corak berwarna oranye atau kuning saat ini sudah tercampur keturunannya dengan jenis bebek peking.
ciri – ciri dari bebek jenis ini adalah perutnya menyentuh tanah ketika bebek ini berdiri diam. Bebek aylesbury merupakan jenis bebek yang termasuk langka, yang paling sering dijumpai pada saat ini adalah jenis bebek aylesbury yang telah disilangkan dengan jenis bebek pedaging yang lain.
Bebek ini pertama dikembangkan pada awal abad ke 18 di kota aylesbury yaitu kota yang berada  disebelah selatan london, dan kemudian dijadikan lambang dari kota ini. Kemudian ketika pada tahun 1873 dikenal bebek jenis peking, sehingga jenis bebek aylesbury disilangkan dengan jenis bebek peking. Yang berakibat pada sulitnya dijumpai jenis bebek aylesbury ras murni, tapi sekarang sudah mulai dikembangkan penangkaran jenis bebek aylesbury ras murni.
Ok… yang terakhir adalah jenis bebek yang dinamakan Ancona dimana bebek ini merupakan salah satu jenis bebek di dunia yang merupakan keturunan dari bebek Runner dari India dan bebek Huttegem dari Belgia. Bebek Ancona adalah salah satu jenis bebek yang langka, Jenis bebek ini dikembangkan di inggris pada abad ke 20, jenis bebek ini tidak diketemukan di Amerika , walaupun pada saat ini jumlahnya meningkat tapi telah dikategorikan sebagai bebek yang jumlahnya langka atau sedikit.
Jenis bebek ini bukan termasuk jenis bebek yang bisa terbang, sama seperti kebanyakan bebek yang diternakkan, sehingga mereka tidak bermigrasi. Bebek ini adalah jenis hewan yang tenang berkembang biak dengan baik di kolam, kandang dan peternakan. Jenis bebek ini merupakan pemburu yang baik, jenis makanan mereka adalah siput , serangga  atau jenis arthropoda dan sayuran hijau saudara terdekat mereka adalah jenis bebek murai  dan bebek hookbills. Jenis bebek ancona ini biasanya dapat bertelur antara 210 sampai 280 butir per tahunnya.
Jenis bebek ini mempunyai bentuk kepala oval dan sedikit cekung , paruhnya panjang, dengan bintik hijau dan bulu di bagian bawah mata. Bebek ancona dewasa memiliki berat sekitar 6.5 pounds. Memiliki leher yang panjang dan berbentuk huruf S dengan bagian atas lebih kecil dan bagian bawah yang lebih luas. Anak bebek memiliki warna bulu kuning dengan bintik bintik. Bebek  dewasa berwarna putih dengan motif bulu yang tidak sama dengan lainnya. Motif motif bulunya antara lain Hitam dan Putih, Biru dan Putih, Coklat dan Putih, Silver dan White, Lavender dan Putih, dan 3 warna .Paling umum adalah hitam dan putih, sedangkan kakinya berwarna  oranye.

No comments:

Post a Comment