Thursday, 10 March 2011

Permasalahan yang di hadapi oleh peternak bebek / itik




Penulis: RikmaRachman



Dalam dunia peternakan,  permasalahan praktis selalu bermunculan , masalah yang dihadapi  itu terkadang tampak sepele, ringan dan gampang , tetapi tidak jarang juga masalah yang datang juga tampak besar, rumit dan bahkan menakutkan.



Dalam mencari kiat permasalahan khususnya dalam dunia perbebekan yang memang belum ada standar yang pasti  dalam pemeliharaan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya bisa dengan mencoba sendiri,  dengan bertanya kepada peternak yang sudah berpengalaman,  dengan bertanya pada para praktisi, dengan mencari rujukan kepada berbagai media buku peternakan dan media masa tentang peternakan, dan juga dengan membuka berbagai situs internet yang membahas tentang seputaran dunia unggas perbebekan / itik. 



Dunia peternakan bebek / itik memang sudah lama di kenal oleh masyarakat kita, namun sayang populasi , produktivitas, dan pertumbuhannya dapat  dikatakan masih berjalan lamban.







Seperti usaha lainnya, bisnis beternak bebek/itik tidak lepas dari berbagai kendala,  masalah,  dan resiko sejauh ini kendala yang sering timbul adalah disebabkan oleh :



   1. Kurangnya ketersediaan bibit  berkualitas ( keseragaman induk ) di sebabkan oleh kurangnya pemahaman para breeder (penetasan) tentang pentingnya faktor genetika hasil tetasannya yang berdampak luas terhadap dunia perbebekan / itik ini. Contoh kasus : banyaknya jenis bebek/itik petelur yang produktivitas bertelurnya yang makin lama makin menurun. Kiat untuk memecahkan masalah tersebut adalah peternak harus mempunyai sumber yang dapat di percaya untuk mendapatkan bibit bebek/itik petelur ataupun untuk pedagingnya.

   2. Tata cara pemeliharaan yang masih menganut sistim tradisional dan semi intensif, yang belum ada kesepakatan standar yang baku. Sebab tiap masing masing daerah peternakan bebek/itik ini mempunyai cara caranya masing masing untuk memelihara ternaknya. Contoh kasus: dari setiap sentra peternakan bebek/itik tidak dapat ditemui kesamaan tentang pola pemeliharaan, sistim perkandangan, pakan ,dll. . Kiat untuk melaksanakan pemeliharaan dengan baik  dan benar yang perlu diperhatikan adalah :



          * Pemilihan tempat dan kondisi lingkungan berdasarkan pada jenis bibit yang akan di ternakan, sistim perkandangan , kualitas dan kuantitas pakan serta ketersedian air yang cukup.

          * Perencanaan usaha ternak bebek/itik  meliputi ukuran unit usaha, segmen usaha bebek/itik yang dipilih ( petelur, pembibitan, pedaging,dll)

          * Perencanaan pembuatan kandang berdasarkan pada tata letak kandang, ukuran kandang, kepadatan kandang, dan bahan pembuatan kandang.

          * Perencanaan metode beternak bebek/itik berdasarkan pada pertimbangan biologis dan ekonomis, cara pengelolaan, dan rencana tahunan.

3. Disamping bebagai masalah diatas, masalah lain yang menghadang adalah Pakan. Jika pemberiannya tidak dilakukan secara tepat dan benar justru akan menimbulkan masalah baru, sebab  masing masing di setiap daerah peternakan jenis dan pola pakannya berbeda beda. Kiat untuk mengatasinya adalah  minimal peternak harus dapat mengetahui kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk ternak bebek/itiknya, dan juga mengetahui kandungan nutrisi bahan yang akan digunakan untuk pakan bebek/itik pada masa awal pertumbuhan (starter), pertumbuhan (grower) , petelur atau pedagingnya.



Dengan memperhatikan permasalahan dan kendala di atas, saya berharap di masa yang akan datang dunia perbebekan/itik ini akan mengalami kemajuan di berbagai bidang, diantaranya :



          * perbaikan genetis terhadap jenis bebek/itik yang diternakan untuk memperoleh keturunan bebek/itik dengan kriteria tertentu. Meskipun sudah banyak yang berusaha mengembangkan tetapi hasilnya masih belum banyak dirasakan oleh kebanyakan peternak.

          * Perbaikan metode budidaya bebek/itik

          * Perbaikan Aspek sosial ekonomi dari penduduk dikaitkan dengan usaha dunia perbebekan/itik ini.



Demikianlah  sedikit ulasan yang saya tuangkan dalam tulisan ini semoga dunia peternakan bebek/itik kita dimasa yang akan datang dapat mengalami perbaikan dan kemajuan lebih baik dari saat ini .

No comments:

Post a Comment